Langsung ke konten utama

5 Modal Dasar Perempuan Bisa Sukses Berwirausaha

Alamanda Shantika, Founder Binar Academy
dan mantan VP of Product Go-Jek(Instagram @alamandas)

Mungkin, perempuan pemilik nama Alamanda Shantika adalah salah satu orang dari beberapa perempuan yang sukses menggeluti dunia bisnis yang kental dengan stereotip “ladangnya” bisnis pria.

Ala, perempuan 30 tahun itu bagian dari sejarah berdirinya Go-Jek Indonesia, perusahaan besutan Nadiem Makarim, dengan jabatan sebagai Vice President. Era Milineal, perempuan bukan lagi menjadi second line dalam sebuah perusahaan-perusahaan besar, masih banyak Alamanda lainnya yang telah sukses dengan menggeluti dunia bisnis pria.

Pada zaman sekarang, masyarakat memberikan kesempatan besar bagi perempuan untuk bisa mandiri atau terjun langsung di dunia kewirausahaan, tentu dengan catatan tidak melupakan jati diri sebagai perempuan, istri, dan ibu dalam sebuah keluarga.

Beberapa keunggulan sosok perempuan jika menggeluti bisnis atau wirausaha yang pada umumnya jarang dimiliki oleh pria. Berikut keunggulan tersebut:
1.      Mampu Membangun Jaringan Lebih Cepat dan Luas.
Wanita pada umumnya luwes dan selalu berusaha agar dapat menjadi pusat perhatian (dalam hal positif) karena secara psikologis perempuan memiliki sifat ingin selalu berbagi dan berjiwa sosialis.
Perihal tersebut merupakan modal dasar bagi perempuan untuk membangun jaringan/kolega lebih cepat dan luas, menjadikannya salah satu kekuatan dalam melakukan bisnis atau wirausaha.
2.      Daya Kreatif Tinggi
Kreatifitas pada dasarnya lebih bersifat sebuah ide yang terbarukan. Menyempurnakan gagasan butuh ketalatenan dan keuletan dan tentu membutuhkan inovasi-inovasi baru yang dapat melengkapi ide dasarnya agar lebih tampak Indah, bagus dan sempurna. Nah, keuletan dan imajinasi inilah kebanyakan dimiliki oleh perempuan dibandingkan pria.
3.      Pandai Mengatur Masalah Finansial
Perempuan yang bisa disebut ibu atau Istri  dalam sebuah rumah tangga sebagian besar menjadi bendahara rumah tangga yang mengatur anggaran belanja rumah, uang jajan anak, transport suami, dan kelengkapan rumah tangga lainnya sesuai apa yang ia terima dari pendapatan atau gaji suaminya. Bisa kita lihat, terkadang pada tanggal tua, tiba-tiba istri masih bisa menyisihkan uang bulanan yang ia dapat dari suaminya, gemi (istilah dalam bahasa jawa yang artinya irit).
4.      Telaten dan Hati-Hati
Bila kita memerhatikan pekerjaan domestik dari seorang ibu atau istri, bisa mengerjakan beberapa pekerjaan dan selesai pada hari itu juga, seperti memasak, mengurus rumah tangga, menyiapkan sarapan pagi anak dan atau suami sebelum berangkat, ditambah pekerjaan kantor apabila pepermpuan tersebut bekerja office hour.
Hasil dari pekerjaan tersebut diselesaikan dengan sempurna, sebelum sang suami atau anggota keluarga lainnya pulang, cukup menarik the power of mom ini. Kegigihan, ketelatenan dan sifat kehati-hatian dalam mengurus pekerjaan lebih dimiliki sosok perempuan ketimbang seorang pria, alias tidak grusa -grusu.
5.      Dapat Bekerja Multitasking
Seperti yang dijelaskan pada point 4, bahwa mengacu pada pekerjaan domestik seorang perempuan di rumah yang begitu banyaknya, begitu lelahnya dikerjakan namun tetap dikerjakan dengan penuh hati-hati dan rasa pengabdian terhadap suami dan keluarganya itu.
Kelebihan yang mampu mengerjakan beberapa jenis pekerjaan dalam satu waktu yang sama, sehingga lebih efektif dan efesien yang kebanyakan pria hanya bisa fokus pada satu jenis pekerjaan tertentu.

Kekuatan inilah banyak perempuan menjadi mompreneur yang telah terbiasa mengerjakan beberapa bagian pekerjaan rumah secara bersamaan. Sehingga daya ingat dan kecekatan tangannya lebih terlatih, karena dunia usaha adalah dunia yang sangat menghargai waktu.

Seperti yang pernah dituturkan oleh Ala, sebutan dari Alamanda Shantika: "Ibu rumah tangga itu sebenarnya juga manajer terbaik. Aku lihat mamaku di rumah pagi nganterin cucu, belum lagi kalau rumah ada yang bocor. Dia juga harus ingat mbak-nya hari ini belanja apa. Itu bukan hal mudah," ia menjelaskan.

Ala juga mengatakan bahwa sebagai perempuan harus punya kepercayaan diri dan jangan pasrah dan berpikir tak bisa jadi seseorang. Jika memilih berkarir, maka lakukan dengan maksimal. Jika memlih jadi ibu rumah tangga, itu juga merupakan pekerjaan yang sulit dan perlu kemampuan manajerial yang mumpuni.

"Jadikan tujuan sebagai bahan bakar kita untuk hidup,"
--IMI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Pertanyaan Sebelum Memulai Usaha

Ide lahir dari sebuah pemikiran, dan pemikirran itu lahir dari informasi yang kita dapat melalui cerita dan pengalaman orang lain, yang muncul tiba-tiba atau bisa kapan pun. Namun terkadang, ide itu hanya sebuah pemikiran dan kita dipaksa untuk memutar otak untuk menemukan ide penunjangnya yang nantinya ide besar itupun terlaksana dan menjadi sebuah usaha berkelanjutan.   Jika pada sebuah perjalanan kita tidak menemukan sebuah ide-ide yang berkelanjutan tersebut namun kita ingin memulai sebuah usaha maka berikut tip pertanyaan yang mampu menjadi sebuah pemicu otak untuk berpikir dan menemukan ide dan gagasan yang cemerlang.   1.       Adakah m asalah yang butuh solusi? Dimulai dari sebuah pertanyaan atau sebuah cerita dan pengalaman seseorang yang menceritakan sebuah masalah yang membutuhkan ide atau gagasan baru. Nah, nantinya masalah itu menjadi sebuah alat pemicu untuk menemukan ide usaha baru. Terkadang banyak kawan curhat tentang sesuatu hal yang membutuhkan sol

7 tantangan yang sering terjadi bagi perempuan pengusaha

Ilustrasi wiraswasta. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/leedsn Sebagian besar bisnis dijalankan oleh laki-laki dan menjadi sebuah identitas bahwa bisnis adaah dunianya laki-laki. Namun, akhir-akhir ini sudah banyak pengusaha perempuan juga memasuki dunia laki-laki tersebut dan tak jarang dari mereka pun bisa sukses dan labih unggul daripada laki-laki. Berbagai ide dan gagasan baru muncul untuk melancarkan prosesnya, agar perjalanan sesuai dengan apa yang diharapkan dan dikembangkan oleh perempuan saat memutuskan masuk dalam dunia wirausaha ini. Berikut adalah beberapa tantangan yang dihadapi oleh pengusaha perempuan dalam memulai dan mengembangkan wirausahanya, yaitu : Saat ini, pengusahan perempuan dianggap menentang kodrat atau harapan sosial sebagai sosok perempuan, apabila sukses menjadi seorang pegusaha. Dalam dunia usaha, sikap stereotip terhadapa bisnis yang kompetitif, agresif, dan keras dunia usaha mampu mengubah streotip sosok perempuan, yang halus, lembut,

Hukum Menukar Uang saat Lebaran

P enyedia jasa penukaran uang di tepi jalan kerap kali muncul di akhir Ramadhan. Keberadaan mereka cukup membantu masyarakat yang membutuhkan jasa mereka. Praktik jasa penukaran uang ini menimbulkan polemik di masyarakat. Bahkan, sekelompok orang mengampanyekan bahwa praktik ini merupakan praktik riba yang dinilai lebih berat dosanya daripada zina.